A. Pengertian Blog
Blog berasal dari kata weblog adalah suatu website dengan isi (konten) berupa artikel atau tulisan-tulisan yang merupakan pemikiran atau sudt pandang dari pemilik dan berisi pula gambar, audio atau video yang di update secara berkala, sehingga mempunyai ciri khas sesuai dengan keinginan pemiliknya, umumnya blog menggunakan sudut pandang personal, tapi ada juga blog dari suatu organisasi.
Blog mempunyai basis peristiwa, urutan peristiwa pemasukan artikel, konten, atau tulisan pada blog umumnya disajikan secara terbalik, dimana hal baru (artikel baru) disajikan paling atas, sehingga pengunjung blog akan disajikan hal yang baru ketika mereka membuka suatu blog. konten lama disajikan paling belakang. tapi setting ini bisa diubah menjadi kebalikannya.
Hal lain yang merupakan ciri dari blog
adalah adanya komentar. pengunjung dapat memberikan komentar pada setiap
artikel blog. demikian juga pemilik dapat memberikan tanggapan atas komentar
pengunjung pada bagian komentar pula.
B. Sejarah Blog
Istilah “blog”. Blog
itu sendiri adalah kependekan dari “Weblog”, istilah ini pertama kali
digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger
menggunakan istilah Weblog untuk menyebut website pribadi yang selalu diupdate
secara berkelanjutan dan berisi link-link ke website lain yang dianggap menarik
dan biasanya disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Sementara Roger Yim,
seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001,
menuliskan bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang
dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di
majalah online Salon pada Mei 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada
pada batasan yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang
instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet. Apapun definisinya,
pendapat-pendapat tersebut bertemu pendapat bahwa blog adalah yang
bersifat personal, memuat opini pesonal dan hal-hal lain yang merupakan
aktualisasi diri pembuatnya secara personal yang ingin ia kabarkan pada
komunitas global dunia. Meskipun personal, isinya bisa dinikmati siapa saja
darimana saja dan kapan saja. Sebuah loncata ekspresi diri yang telah melampaui
batas-batas ruang dan waktu.
Ada yang mengatakan jika blog dimulai dari halaman What's New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994, Justin Hall memulai pribadinya Justin's Home Page yang kemudian berubah menjadi Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Perkembangan blog hingga akhir tahun 1998 sampai pertengahan tahun 1999 belumlah menggembirakan, jumlah Blog yang ada belum seberapa untuk ukuran komunitas maya. Penyebabnya pada saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan HTML dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri. Penggila blog barulah komunitas tertentu yang didominasi oleh kelompok orang tertentu yang memiliki keahlian tertentu pula.
Pada bulan Juli 1999 lahir pembuat layanan blog pertama,Pitas , yang memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis dan jumlah blog pun bertambah hingga ratusan. Namun baru pada awal Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab meluncurkan layanan Blogger.com jumlah Blog bertambah banyak begitu rupa hingga saat saja blogger.com ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga Velocinews.
Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik politik, kesehatan, seks, olahraga, buku komik, keperluan bisnis dan macam-macam lagi. Bahkan ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs lelang Ebay yang bernama Who Would Buy That?. Cameron Barret menulis pada Blog-nya essay berjudul "Anatomy of a Weblog" yang menerangkan tema dari Blog. "Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema dalam Blog tersebut". Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah kekuasan si Pembuatnya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur, tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin bermunculannya Blog di Internet. Dan ya, ide itu telah terpikirkan, Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog dari Blog dari Blog.”
Dari sedemikian banyak Blog yang ada, Blog-Blog yang menetapkan standar dari Blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri diantaranya adalah Blog milik Jorn Barger, Robot Wisdom yang disebut-sebut merupakan Blog terbesar dan paling berguna dimana dia setiap harinya menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari ketertarikannya pada seni dan teknologi. Camworld adalah Blog populer milik Cameron Barret seorang Desainer Interaktif dimana dia mengkatagorikan topik-topik Blog-nya pada katagori, Random Thoughts, Web Design dan New Media. Camworld dapat disebut sebagai Blog klasik dalam arti Blog tersebut mengandung dosis tepat dari karakter dan opini pribadi dicampur dengan keselektifan pemilihan link-nya. Blog terkenal lainnya diantaranya, Obscure Store milik Jim Romenesko yang menyediakan link bertemakan berita dan gosip serta hal-hal kecil yang sedikit mengarah pada underground movement, Lawrence Lee juga setiap hari mengupdate Blog-nya, Tomalak's Realm dengan link-link pada berita tentang Web Design dan Net Business. Memepool dengan pilihan koleksi link-nya yang unik disertai analisis cerdas juga digemari sebagai Blog yang istimewa. Kottke.org merupakan Blog menarik milik Jason Kottke seorang Web Designer yang tinggal di San Francisco, di Blog-nya dia menulis bahwa Blog-nya tersebut adalah caranya mengisi waktu luang untuk menyusun kembali tulisan-tulisan, desain- desain dan critical skill-nya. Tak lupa juga Blog milik Dave Winer, Scripting News, salah satu Blog pertama yang banyak memberikan link tentang pemrograman
C. Manfaat Blog
1.
Media
Aktualisasi Diri
Salah satu kebutuhan manusia adalah
to be recognized - untuk di akui kehadirannya, untuk di perhatikan. Untuk
menunjukan siapa dirinya. Apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya,
apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang dibencinya, apa
pemikirannya dan apa yang diinginkannya. Dan blog memapu memfasilitasi
hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. Dengan blog (dan
dukungan berbagai web app di world wide web) seseorang kini dapat
mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic,
video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ‘semua orang di
penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.
2. Personal Branding
Personal branding atau self positioning
-memposisikan diri anda berdasarkan apa yang dapat anda lakukan, membuat orang
teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu- adalah
sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. Apa yang anda ingat ketika
mendengar “bapak blogger indonesia”? Enda nasution! Bayangkan jika
seorang potential client berkata “siapa yang dapat saya hire untuk mengatasi
masalah ini” dan yang mereka ingat adalah nama anda? Dengan blog -dan
strategi yang tepat- anda dapat memberitahu semua orang di dunia (yang
terhubung ke dalam jaringan internet, tentunya) apa keahlian anda dan apa
megapa mereka harus mengontak anda ketika mereka teringat akan satu masalah
yang harus di selesaikan.
3. Markas Besar Di Dunia Maya
Begitu banyak tempat
bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada
orang sekaligus. Blog bisa anda jadikan markas besar pusat seluruh
aktifitas anda di dunia maya: cv, online portofolio, link, badge atau
widget menuju situs-situs social network yang anda eksisi *halah*: facebook,
twitter, plurk, digg, lintasberita, linkedin, dll.
4. Media Promosi
Blog ditempatkan di jaringan internet.
Dengan strategi yang tepat (seo+smm+other techniques) anda bisa
mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca
apa yang anda promosikan.
5. Mendapatkan Relasi Baru
Sudah menjadi bawaannya
bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. Buat
blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topik
yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. Mereka bisa mengomentari post
di blog anda dan bisa membalasnya. Terjadi conversation disana,
dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan kan.
Tips: buat tulisan yang
bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link facebook
profile anda. Orang akan berduyun-duyun meng-add anda di facebook.
6. Mendapatkan Penghasilan
Ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
· Direct income – blog anda memang menjadi
‘sumber uang’ anda. Anda update konten dengan entri berkualitas,
perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan
monetisasi. Bisa dengan menjual spot banner (tapi sudah tidak terlalu efektif
lagi rasanya), service pay-per-click, pay-per-post, paid-to-review, buat
review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual
produk di blog anda. Dll.
· Indirect income – blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. Visitor datang ke blog, terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, dan mereka mengontak anda untuk deal bisnis selanjutnya.
7.
Stress Release, Emotion Release
Terkadang kita hanya
ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. Terkadang kejenuhan dan terkadang
kebahagiaan. Lebih mengasyikan lagi jika ada yang merespons apa yang kita
rasakan kan?. Tapi selalu ingat aturan emasnya: jangan berlebihan. Jangan
sampai kasus kehilangan pekerjaan dan kejadian tidak diinginkan lainnya terjadi
karena anda berlebihan dalam mengekspresikan diri.
8. Media Memberi, Media Sharing
Terkadang kita hanya
ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau
berbagi pengetahuan. Jika yang anda ingin share kepada orang lain bisa
di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blog
bisa memfasilitasi hasrat berbagi anda.
9. Jurnal Catatan Kehidupan Anda
Catat semua yang anda
rasakan dan publikasikan di blog anda. Suatu hari di kehidupan anda
kelak, baca kembali apa yang sudah anda tulis. Kebanyakan orang tertawa ketika
membaca apa yang mereka tulis dahulu.
10. Mendapatkan Feedback Atas Apa
Yang Anda Rasakan
Mayoritas blog
memiliki fitur komentar di setiap artikelnya. Hal ini memfasilitasi orang untuk
memberi respons terhadap apa yang anda tulis. Pendapat orang lain merupakan
salah hal yang berharga dalam hidup kan?
11. Public Relation Yang Lebih Humanis
Jika anda bertujuan
mempromosikan bisnis atau korporasi -corporate blogging, salah satu
karakteristik blog adalah personal point of view yang menjadikan blog
lebih humanis sehingga pengunjung merasa lebih ‘nyaman’. Untuk informasi lebih
lanjut, anda bisa baca definisi blog disini.
KESIMPULAN
Blog merupakan salah satu media yang penting
dalam pertumbuhan penyebaran informasi di dunia, sebagian besar orang di bumi
ini sudah bisa menggunakan internet untuk mencari informasi yang mereka
inginkan. Kegunaan blog sangat beragam mulai dari sekedar meningkatkan
keahlian mengetik ataupun hanya sekedar hobi saja, tetapi juga memiliki
kegunaan yang tidak bisa disepelekan. Dalam perkembangannya banyak sekali
artikel yang terposting dan kenyataanya bisa membantu para pencari lewat search
engine seperti google. Blog dengan desain yang baik pastinya dimiliki
oleh para blogger yang memiliki kemampuan dalam merangkai bahasa mesin.
Namun hal tersebut cukup disayangkan karena kemampuan ini tidak banyak orang
yang memilikinya.
DAFTAR
PUSTAKA
http://www.membuatblog.web.id/2010/01/kegunaan-blog.html
http://anakuir.blogspot.com/2015/11/makalah-tentang-blog.html
No comments:
Post a Comment